ITS Siap Produksi Mobil Listrik

Ilustrasi mobil Sapu Angin 6 dan 7 (Dok. ITS)

SURABAYA – Sukses meluncurkan mobil irit BBM “Paijo” Sapu Angin 6 (SA 6) dan Sapu Angin 7 (SA 7), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus berinovasi.

Kini ITS sedang menyiapkan pembuatan mobil listrik dengan dana Rp400 juta yang sudah disiapkan. Sesuai rencana mobil listrik karya ITS akan diberi nama “Putra Petir”. Mobil ini ditargetkan selesai pada 2014. Tahun ini masih tahap persiapan untuk mematangkan program pembuatan.

“Kami akan kembangkan mobil listrik. Kami sudah siapkan anggaran dana Rp400 juta,” kata Pembantu Rektor (PR) I ITS Herman Sasongko kemarin.

Prototipe atau bentuk awal Putra Petir akan dibuat lebih elegan, mobil bisa menampung empat penumpang, yang tentu dengan teknologi canggih. Untuk jangka panjang, mobil listrik ITS tersebut ditargetkan bisa dijadikan sebagai mobil nasional (mobnas) dan diproduksi secara massal. “Kami yakin kalau kita mau pasti bisa,” tuturnya.

Untuk mengawali semangat membuat mobil listrik ini ITS menggelar kuliah umum Sabtu (31/3) mendatang dengan tema “Membangun Kemandirian Teknologi Energi” dengan keynote speaker Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan. (arief ardliyanto)(//rfa)

Sumber