Tanda Ciri Orang Akan Membeli atau Jatuh Cinta Bisa Dibaca Dari Bahasa Tubuh

Oleh Ir. Aditya Prayoga
Marketing Manager Kios Buku Gema

Ilustrasi – yourdictionary.com

Yah.. kira-kira beberapa tahun yang lalu, udah lama ya.., sewaktu saya membaca dan melihat TV.. tiba-tiba ibu saya (alm) nyeletuk..”Akhirnya putra bungsuku punya cewek juga ya…!”, dalam hati saya berkata “Uuupss.. dari mana ibu bisa tahu ya..?”, kemudian ibu melanjutkan “Tv yang kamu tonton itu berita, buku yang kamu baca itu matematika.., tapi kamu senyum terus dari tadi, apa yang bisa membuat putraku tersenyum terus menerus kalo bukan cewek yang cantik..?, bawa dia kesini kenalkan sama ibu..!!”

Pertanyaan saya waktu itu adalah, apakah  kita bisa mengetahui seseorang itu bohong atau tidak dengan membaca bahasa tubuhnya (Gesture) ?. Buku-buku waktu itu masih minim, internet juga gak ada, saya putuskan waktu itu untuk membuat percobaan sendiri.

Caranya : Seseorang saya minta untuk meng-genggam batu kecil dan merahasiakannya, kemudian saya tebak apakah batu itu berada di tangan kiri atau ditangan kanan, dengan cara bertanya kepada orang tersebut dan melihat ekpresi wajah dan tubuhnya.. ternyata saya berhasil menebak dengan ketepatan 90 %,  setelah mencoba ke beberapa orang,  seperti  sopir, tukang kebun, tukang becak dan tentunya teman-teman saya.

Apakah bahasa tubuh ini bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan..?, wow… pasti bisa,

Berikut ini kisah true story nya :

Suatu siang rekan kerja saya dari divisi lain datang kepada saya : “Pak divisi saya mengadakan lomba mencari user sebanyak-banyaknya namun harus dalam waktu yang singkat, kesulitan saya adalah : bagaimana cara mendeteksi bahwa customer tersebut betul-betul berminat untuk membeli, bukan lip servis untuk menyenangkan hati saya saja..? (bhs jawa : nggih nggih mboten kepanggih) sehingga saya tidak kehabisan waktu untuk tindak lanjut !”

Saya katakan kepadanya “Coba pakailah cara dengan membaca gesture, pengalaman saya menunjukkan, gesture lebih jujur dari padabahasa mulut, Begini caranya, Saat melakukan sales talk coba perhatikan ekpresi wajah dari customer, bila matanya berbinar (pupil mata membesar), sudut bibir naik (senyum), dan adakalanya bibir sedikit terbuka, bahkan disertai ucapan “waauuu……..” (tanda kagum), artinya ada tanda pelanggan akan membeli (buying signal), silakan kalau kamu tindak lanjuti dengan menutup penjualan (closing). Namun bila ekspresinya adalah penolakan, maka segera ubah topik sales talk Anda (gunakan teknik refokusing), kemudian amati kembali dst.., dst.., OK …?”

Dua bulan kemudian rekan saya naik kepanggung untuk mendapatkan penghargaan atas prestasinya, berupa cicin emas (asli dan berat lho..) yang bertuliskan namannya dan nama produk, kalau saya sih cuma ditraktir bakso ha.. ha.., mau makan apa lagi.. ? malah kolesterol kumat betul..?

Lah… kisah yang di atas kelanjutannya bagaimana…? penasaran…? Ok saya lanjutkan.. jadi si cewek tadi nggak usah bilang Dia suka sama aku apa enggak.., dengan membaca gesture saat aku ketemuan dengan dia, aku sudah tahu jawabnya… gitu…!,

Semoga tulisan saya dapat membuat Anda ter Inspirasi.