Cara Manfaat Guna Definisi Arti Soft Launch Produk

Oleh Ir. Aditya Prayoga
Marketing Manager Kios Buku Gema

Pagi itu saya dan teman-teman sudah tidak sabar untuk segera me-lounch produk baru, produk impor yang selama ini belum ada di Indonesia, berdasarkan pengamatan kami (tim penjual) produk baru ini sangat luar biasa, apalagi schema insentive untuk representative sangat menarik, sehingga kami sudah membayangkan bakal panen uang puluhan juta.

Namun Bos bule itu tiba-tiba datang keruangan dan meminta maaf  “Sorry, this does not make you happy, but we should be careful, so the program big launch is replaced with a soft launch”

Bos mempunyai beberapa pertimbangan mengapa lebih memilih soft launch dari pada big launch :

1. Perusahaan ingin mendapatkan jumlah pelanggan dalam jumlah kecil lebih dulu, kerena bila ada masalah dengan pelanggan akan lebih mudah untuk segera di atasi

* Saya teringat ketika sebuah produk mobil di luncurkan laku ribuan unit dalam 6 bulan dan 3 bulan kemudian di re call, karena mobil ini disetel untuk cuaca yang dingin  bukan untuk cuaca di Indo, betul-betul suatu masalah.

2. Ingin mengetahui  respon secara langsung dari pelanggan karena : bagaimanapun juga customer di Indonesia berbeda karakternya dengan customer di UK atau USA.

* Saya teringat teman saya kalao buang air besar di hotel bintang lima, waktu masuk kamar mandi WC selalu membawa gelas dan botol, gak bisa pakai tisu katanya.

* Saya masih ingat teman saya di singapore sarapan pagi pakai mie aja, kalo di Indo sarapan pakai mie masih ditambah nasi lagi, katanya kalau belum pakai nasi belum makan.

3. Selama ini simulasi dijalankan dengan lebih banyak asumsi luar negri, sementara yang dari Indonesia adalah masukan dari kami yaitu dari tim para penjual, bagaimanapun juga masukan penjual pasti berbeda dengan masukan user.

* Saya jadi ingat teman saya yang salesman mobil Hyu**ai tapi kelilingnya pake sepeda motor Ya**ha, waktu ditanya respon mobil yang dijualnya dengan mobil Zuz**i Bale**, agak  susah dia menerangkannya, soalnya dua-duanya gak pernah nyoba, malah dia bisa komentar saat ditanya To**ta V**s. (catatan : meskipun untuk menjual obat gila kita tidak perlu gila dulu  kan..?)

4. Meskipun kelihatannya sepele FAQ (Frequently asked questions) yang baku dari UK/USA, ternyata menurut kami masih ada yang kurang.

* Saya jadi ingat ketika orang Indo membeli mobil mewah BM* bertanya “Misal kalo mobil ini premiumnya kecampuran minyak tanah, mesinnya rusak apa gak ya…?, di UK pasti gak   ada pertanyaan seperti ini, kalo disini faktanya banyak…, kecuali sekarang karena harga minyak tanah lebih mahal dari premium, yang ada malah minyak tanah kecampuran premium sekarang ha.. ha..

Inilah manfaat Soft Launching, namun masih ada yang mengganjal di hati saya,  ya kemudian saya tanyakan “Mister.. If the company wants customers in small number and need input from them, who customers should be chosen ?”,

Lah.. Bos bule itu jadi diam..,  kemudian mengatakan “Good question. I have decided you, to lead a team looking for that customer…”  Yang langsung disambut seyuman dari teman-teman…

Semoga tulisan saya dapat membuat Anda ter Inspirasi.