Rafflesia kembali mekar pekan ini

Bunga Rafflesia Arnoldi (ANTARANews/Ist)

Bengkulu (ANTARA News) – Bunga langka Rafflesia arnoldii di Hutan Lindung Bukit Daun Register V, Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, diperkirakan mekar sempurna pada Minggu (25/3).

“Masyarakat yang ingin menikmati keunikan Rafflesia bisa berkunjung ke Bengkulu,” kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Sofian Ramadhan di Bengkulu, Jumat.

Ia memperkirakan diameter bunga Rafflesia yang akan mekar sekitar 70 sentimeter.

Menurut Koordinator Kelompok Peduli Puspa Langka Tebat Monok, Holidin, yang menemukan bunga tersebut, bunga itu berada sekitar 250 meter dari jalan raya Bengkulu-Kepahiang.

“Untuk memudahkan pengunjung mengenali lokasi bunga mekar, kami akan memasang spanduk dan tanda di pinggir jalan,” tambahnya.

Hutan Lindung Bukit Daun Tebat Monok Kepahiang merupakan salah satu habitat bunga rafflesia dan saat ini ditemukan puluhan bongkol bunga yang merupakan cikal bakal bunga Rafflesia arnoldii yang akan mekar.

Menurut pantauan Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, pada 2011 sebanyak 16 bunga Rafflesia mekar di lokasi ini.

“Hutan Lindung Bukit Daun merupakan habitat yang paling produktif dan wajib untuk dilindungi dan diselamatkan,” katanya. (ANT)

Sumber