Tetap Elok di Ruang Tamu Mungil

shutterstock
Dengan gaya kasual Anda sebetulnya tak memerlukan sofa, tetapi cukup dengan karpet, bantal-bantal besar, dan meja ukuran rendah seperti halnya di rumah-rumah tradisional Jepang.

KOMPAS.com – Ruang tamu yang nyaman tidak ditentukan oleh luasnya lahan. Di rumah berukuran kecil dengan lahan terbatas pun bisa diciptakan ruang tamu yang tidak hanya nyaman, tetapi juga bisa mewakili karakter si empunya rumah.

Rumah tamu di rumah Anda yang mungil juga bisa nyaman. Simak tips berikut ini untuk mengetahui caranya:

Gaya kasual

Gaya kasual bisa dipakai untuk ruang. tamu yang lahannya terbatas. Tak perlu menggunakan sofa, tetapi cukup dengan karpet, bantal-bantal besar, dan meja ukuran rendah seperti halnya di rumah-rumah tradisional Jepang.

Model sofa

Shutterstock
Di antara sofa yang desainnya modern, Anda bisa menambahkan sebuah kursi goyang antik sebagai focal point.

Seandainya ingin menggunakan sofa, sebaiknya pilih yang modelnya sederhana agar ruangan terlihat lebih lega. Pilih sofa dengan bagian sandaran rendah. Hal ini agar jarak dari sofa ke langit-langit lebih luas dan membuat efek lebih luas.

Cara lainnya untuk memberikan efek luas bisa dilakukan dengan menggunakan warna-warna terang.

Paduan furnitur

Padukan beberapa furnitur untuk memoles ruangan menjadi lebih cantik. Misalnya, di antara sofa yang desainnya modern, bisa ditambahkan sebuah kursi goyang antik sebagai focal point.

Untuk memaksimalkan bagian sudut ruangan, Anda bisa menggunakan meja kecil atau lemari kaca kecil untuk memajang foto, suvenir, atau aneka pernak-pernik unik lain dari berbagai daerah yang pernah Anda kunjungi.

Pemanfataan perabot

Mengingat ruang yang terbatas, sebaiknya Anda menghindari penggunaan perabot-perabot yang banyak memakan tempat dan mudah pecah.

Shutterstock
Jangan memasukkan tanaman dengan daun atau dahan yang rumit jika ada banyak perabot di dalam rumah karena hanya akan membuat perabot dan tanaman berusaha “saling mengalahkan”.

Pilihan tanaman

Memajang tanaman bisa jadi pilihan untuk mendukung tampilan ruang tamu. Namun demikian, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti ukuran, warna, jenis, dan penempatannya.

Selain itu, jangan pula memaksakan diri jika memang ruang tamu tidak terlalu luas. Perhatikan nilai estetika saat Anda meletakkan tanaman.

Pun, jangan memasukkan tanaman dengan daun atau dahan yang rumit jika ada banyak perabot di dalam rumah. Hal ini hanya akan membuat keindahan rumah menjadi kacau karena antara perabot dan tanaman berusaha “saling mengalahkan”. (ASP)

Sumber