Jangan Menyerah, Ruang Tamu Tak Perlu Dibuang!

shutterstock
Meletakkan seperangkat furnitur yang semodel memang membuat ruang tampak serasi. Akan tetapi, bisa jadi, hal ini merupakan pemborosan ruang.

KOMPAS.com – Saat ini, ruang tamu dianggap sebagai ruang yang dapat “dihilangkan” jika ada kendala keterbatasan lahan. Fungsi ruang ini dapat digabungkan dengan ruang keluarga.

Tamu-tamu yang akrab dapat diterima langsung di ruang lain yang sifatnya lebih santai, seperti ruang keluarga. Namun, masih banyak juga yang mempertahankan keberadaan ruang tamu dengan alasan etika bertamu dan ingin menjaga privasi.

Nah, jika Anda salah satu yang tetap ingin menghadirkan ruang tamu di rumah, tetapi lahan terbatas, jangan khawatir. Berikut ini beberapa tips untuk menata ruang tamu yang ukurannya mungil:

Furnitur simpel

Model furnitur menentukan kesan ruang yang diciptakan. Furnitur berbentuk simpel akan membuat ruang terkesan lebih lega. Untuk itu, pilihlah model kursi berkaki ramping sehingga membuat furnitur berkesan ringan.

Demi kenyamanan, sofa boleh saja ditambahkan, tetapi pilih yang tidak terlalu gemuk dan memiliki kaki agar tidak tampak berat.

Furnitur multifungsi

Dengan meletakkan sebuah furnitur yang memiliki banyak fungsi, Anda tak perlu lagi banyak-banyak melengkapi ruang tamu dengan furnitur. Misalnya, kursi tanpa sandaran yang berbentuk kotak, dapat Anda jadikan meja kecil.

Meja tamu pun dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan. Hal itu bisa dilakukan dengan menambahkan laci-laci di bawahnya.

Paduan bentuk furnitur

Meletakkan seperangkat furnitur yang semodel memang membuat ruang tampak serasi. Akan tetapi, bisa jadi, hal ini merupakan pemborosan ruang. Misalnya, seperangkat sofa terdiri dari sofa dua dudukan, serta 2 buah sofa 1 dudukan. Cobalah, Anda mengganti sofa 1 dudukan dengan kursi lain yang modelnya lebih hemat tempat, seperti puf atau kursi berkaki ramping.

Warna terang

Trik ini selalu berhasil membuat ruang tampak lebih lega. Sapukan dinding ruang tamu dengan cat berwarna terang, seperti putih atau krem. Ruang tampak lebih terang dan lega. Lagi pula, dengan dinding berwarna terang, warna perabot lain di dalam ruang tamu tersebut dapat lebih beragam, tanpa harus takut merusak keharmonisannya.

Sumber