Para Jawara Internet akan Menyerbu Bali

Jakarta – Bali akan diserbu para pakar terkait keamanan internet dari berbagai negara. Ini sebagai imbas dari dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah konferensi keamanan internet tingkat dunia.

Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) selaku penyelenggara pun telah dibuat sibuk dari sekarang. Selaku single point of contact keamanan internet di Tanah Air, Id-SIRTII mengaku siap menggelar konferensi keamanan internet tingkat internasional.

“Ajang ini menjadi bukti bahwa Indonesia sangat serius menangani masalah keamanan internet baik nasional maupun dunia. Ini juga meningkatkan kolaborasi antar negara dalam menangkal kejahatan internet,” kata Ketua Id-SIRTII, Rudi Lumanto.

Konferensi ini sendiri rencananya akan dihadiri 22 negara dan akan berlangsung pada 25-28 Maret 2012 dengan mengangkat tema umum ‘Cleaning the Cyber Environment’.

Sementara itu, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Gatot S Dewabroto, tahun ini memang giliran Indonesia menjadi tuan rumah.

Menurutnya ini adalah suatu kesempatan bagi Indonesia sebagai negara yang perkembangan internetnya terbilang masih fase awal namun memiliki potensi besar.

“Ini lebih dari sekadar milestone kegiatan bagi Id-SIRTII tapi juga sebagai bentuk pelaksanaan fungsi pembinaan pemerintah terhadap industri internet Indonesia,” kata Gatot.

Adapun pembahasan yang dijadwalkan antara lain mengenai cara membersihkan jaringan lokal dari ancaman keamanan, framework kolaborasi tingkat dunia untuk membersihkan jaringan internet global yang akan dipresentasikan oleh sejumlah pakar keamanan internet tingkat dunia.

Id-SIRTII sendiri berharap ajang ini bisa membuka kesempatan bagi para penggiat industri internet Tanah Air agar bisa belajar dan memperoleh transfer pengetahuan langsung yang bermanfaat bagi perkembangan internet di negeri sendiri. (rns/ash)

Sumber