Bagaimana Agar Nyaman di Arena Festival

BERADA di arena festival setidaknya 8 – 10 jam dalam sehari akan membuat lelah. Puluhan ribu penonton yang berjubel tidak saja berada di gedung pertunjukan, tapi juga di luar gedung, seperti di lorong-lorong, di ruang terbuka, di halaman, atau di lobi JIExpo Kemayoran. Berdesak-desakan tentu tak bisa dihindari.

Bagaimana agar badan tetap segar dan sehat selama menyaksikan Java Jazz Festival (JJF) 2011, ikuti tips berikut ini.

1. Datanglah ke arena Java jazz festival (JJF) seawal mungkin, ini penting untuk menghindari kemacetan di akses jalan menuju JIExpo Kemayoran.

2. Bawalah uang secukupnya. Hindari menggantungkan ATM karena di arena JJF tidak disediakan sarana mesin Anjungan Tunai Mandiri, kecuali di di luar arena, tapi tempatnya sangat jauh.

3. Jika persediaan uang pas-pasan, hindari membeli makanan/minuman di dalam arena JJF dijual relatif mahal, karena di arena meski disediakan food court, tapi cara pembeliannya dengan menukarkan token, minimal seharga Rp 50.000. Jika ragu-ragu, lebih baik keluar arena JJF untuk mencari makanan/minuman, dengan catatan Anda harus minta izin pada petugas portir di pintu-pintu gerbang “out”.

4. Pakailah sepatu kets atau sepatu kasual yang nyaman dipakai. Dan hindari memakai sepatu berhak tinggi. Karena jarak satu gedung pertunjukan dengan gedung yang lain cukup jauh.

5. Pakailah busana yag nyaman, longgar, kalau perlu membawa cardigan, karena semua gedung ber AC dan jika pertunjukan di luar ruang, udara akan sangat dingin atau kemungkinan hujan.

6. Jika sedikit mau repot, Anda bisa membawa kursi kayu lipat yang bisa di jinjing, dan digunakan di arena festival di mana semua penonton berdiri.
 
7. Kalau memang harus membawa balita (bayi), bawalah kereta bayi dorong dan sediakan minuman atau makanan untuk si kecil, agar tidak merepotkan diri sendiri. ( Bambang Isti / CN25 )

Sumber