Pulau Jawa Penyumbang Limbah Terbanyak di Indonesia

SURYA Online – Humas Bremen Overseas Research and Development Association (BORDA) Asia Tenggara Erny Mardhani menegaskan bahwa volume limbah di Pulau Jawa adalah penyumbang limbah terbanyak di Indonesia, karena tingkat kepadatan penduduk di Pulau Jawa sangat tinggi.

“Limbah yang mencemari pulau Jawa berasal dari kalangan industri, rumah tangga, yang banyak mencemari lingkungan sungai dan danau,” paparnya. Erny melanjutkan, limbah di Pulau Jawa bervariasi, ada limbah padat dan cair. Limbah yang dihasilkan baik dari industri maupun rumah tangga hampir sama volumenya. Bedanya, limbah industri lebih berbahaya karena mengandung zat kimia.

Pencemaran lingkungan yang disebabkan dari kalangan rumah tangga adalah berasal dari pembuangan limbah sabun setelah mencuci, sampah, dan kotoran manusia. Dampak lebih lanjut, kata Erny, limbah rumah tangga ini mencemari pemukiman penduduk.

Sementara berdasarkan data pemerintah, Indonesia belum mencapai target pengurangan limbah yang sesuai standar dalam deklarasi MDGs atau sasaran pembangunan 2015.

Indonesia saat ini masih berada pada posisi 52 persen pengurangan produksi limbah, apadahal menurut MDGs pengurangan produksi limbah adalah 64 persen. Dirinya berharap limbah di Pulau Jawa ini dapat dikelola dengan baik. Salah satu cara yang mudah adalah membangun sanitasi yang memadai di masyarakat.

Sumber