Empat Jurus Terhindar dari Link Berbahaya

telegraph.co.uk

ANTIVIRUS ternyata tidak cukup ampuh untuk melindungi Anda dari sebuah tautan berbahaya penyebar virus, pencuri data rahasia dan pembajak akun jejaring sosial. Agar tidak tertipu dengan link berbahaya, anda sebaiknya menerapkan tips berikut ini.

1. Lihat status link

Biasakan untuk melihat keterangan dari sebuah link yang Anda rasa mencurigakan. Caranya arahkan kursor mouse ke link tersebut tanpa menekannya. Nanti akan muncul keterangan di bagian bawah browser yang memperlihatkan alamat asli link tersebut.

2. Gunakan link scanner

Banyak situs link scanner yang dapat digunakan untuk mendeteksi link-link berbahaya seperti urlvoid.com dan linkscanner.avg.com.

3. Selidiki link pendek

Yang dimaksud dengan link pendek adalah link yang awalnya memiliki alamat yang panjang, kemudian diperpendek dengan bit.ly atau TinyURL.Link scanner seperti urlvoid.com tidak dapat mendeteksi link-link seperti itu. Untuk mengatasinya, gunakan sitecheck.sucuri.net/scanner yang mampu mengindetifikasi link pendek.

4. Salin link

Langkah terakhir yang paling mudah ialah menyalin link tersebut ke tempat lain untuk mengetahui alamat aslinya. Jika menggunakan browser Firefox, klik kanan dan pilih copy link location. Sedangkan pengguna Internet Explorer dapat memilih copy shortcut. Pengguna Chrome, pilih copy link address. (pcworld/*/OL-14)

Sumber