5 Tips Mengubah Ponsel Biasa Jadi Smartphone

telegraph.co.uk

INGIN memiliki ponsel cerdas (smartphone), tetapi tidak rela merogoh kocek lebih dalam untuk membayar biaya pemakaian layanan data?

Tidak perlu bersedih. Feature phone alias ponsel biasa juga dapat digunakan untuk mengakses situs-situs yang biasa dibuka melalui smartphone kok. Berikut ini lima situs yang dapat diakses dari ponsel biasa.

1. Twitter

Untuk memperbarui informasi pada Twitter, Anda dapat memanfaatkan fasilitas SMS di ponsel biasa. Caranya semudah mengirim SMS. Namun, ada hal-hal yang perlu diketahui seperti kode. Sebagai contoh, kode bagi pengguna di Amerika Serikat ialah 40404.

Tulis ‘start’ pada kode, lalu tunggu sekitar dua menit. Twitter akan membalas SMS dan meminta Andasign up untuk mendaftar atau memasukkan username jika Anda pengguna lama. Selain itu, Anda juga akan diminta mengirim password.

Jika setuju untuk sign-up, Anda dapat langsung menggunakan Twitter.

2. Facebook

Sama seperti Twitter, pembaruan status pada Facebook dapat dilakukan via SMS. Pertama, daftarkan nomor ponsel dan aktifkan layanan SMS. Jika Anda tidak ingin teman melihat nomor ponsel, pastikan Anda mengosongkan kotak di sisi kanan laman.

Selanjutnya, Anda akan menerima email pribadi untuk mengirim status yang telah diperbarui atau foto ke profil. Layanan SMS berlaku pula untuk menerima notifikasi pembaruan status, pesan dan pesan di dinding (wall) Facebook.

Namun, ada satu kelemahan. Layanan ini akan bekerja cukup lama jika Anda memiliki banyak teman.

3. Tumblr

Siapa bilang ponsel biasa tidak bisa digunakan untuk nge-blog?Blogger dengan bujet terbatas dapat memperbarui blog via SMS kok. Tidak percaya? Coba pakai Tumblr. Pertama, Anda harus mengisi alamat email pribadi dari laman pengaturan (setting) pada blog.

Itu terpisah dengan alamat email regular yang biasa digunakan untuk log in. Saat Anda ingin mengirim pembaruan singkat dan blog dengan penanda (tag), foto, kutipan atau fitur lain di Tumblr, kirim saja melalui SMS ke alamat email yang biasa.

Tumblr akan mendeteksinya secara otomatis dan mengirim ke blog.

4. Google

Ketika ingin mencari alamat atau mengecek Gmail, Anda dapat menggunakan fitur Google SMS applications. Bagi yang pelupa, Google juga memiliki Google Calendar SMS loh. Layanan akan mengingatkan saat ada acara penting seperti rapat.

Lapar? Lagi-lagi, Anda dapat memanfaatkan layanan dari Google yang dapat menampilkan informasi resto terdekat. Tiga layanan dari Google itu dapat diakses via SMS di ponsel biasa.

5. RSS

Dengan ponsel biasa, Anda dapat pergi ke mana saja sambil membaca blog atau situs baru loh. Jadi, aktivitas tersebut tidak hanya didominasi pengguna smartphone. Fasilitas yang dapat digunakan ialah SMSmyRSS. Pertama-tama, Anda harus membuat akun.

Tenang saja, pembuatan akun gratis. Cukup masuk ke kontenweb RSS. Selanjutnya, konten yang Anda inginkan akan dikirim ke ponsel. Anda juga bisa memasukkan kata kunci untuk menandai cerita penting. (mashable.com/Noy/X-13)

Sumber