Menata Rumah Menyesuaikan Tipe Kepribadian

Ilustrasi – Shutterstock

KOMPAS.com — Pernahkah Anda menyadari jika menata rumah bisa berdasarkan tipe kepribadian? Keiza Amorani dalam bukunya, Ide-Ide Segar Menata Rumah, memaparkan empat tipe kepribadian yang bisa Anda jadikan panduan memilih furnitur, warna dinding, aksesori interior, serta tata letak di dalam rumah.

Keiza membagi empat tipe kepribadian tersebut meliputi:

Sanguin yang ceria

Tipe ini identik dengan segala sesuatu yang ceria karena sifatnya yang memang extrovert, ramah, dinamis, aktif, serta gemar bereksperimen. Mengganti dan mengubah dekorasi rumah sesuai mood atau tren bisa menjadi salah satu hobinya.

Tipe ini sangat menyukai aktivitas dan berkumpul bersama teman serta kerabat. Jika Anda termasuk tipe ini, pilihlah tipe rumah terbuka dengan ruang-ruang tanpa penyekat dan 2-3 warna sebagai warna primer untuk dinding dan lantai.

Pilihlah furnitur dan upholstery bernuansa country atau retro. Maksimalkan pilihan tersebut dengan campuran berbagai gaya.

Koleris yang terorganisasi

Tipe ini senang mengorganisasi segala sesuatu, berjiwa pemimpin, dan menyenangi beragam kegiatan. Koleris tidak menyukai detail, semua warna baginya sama saja. Efisiensi dan efektivitas adalah kata kunci dalam hidupnya.

Koleris sangat dominan. Ini berdampak pada benda-benda yang dimilikinya. Warna kuat dan tegas adalah favorit tipe ini, begitu juga desain berkarakter kuat selalu jadi pilihan.

Jika Anda termasuk tipe ini, pilihlah desain minimalis atau klasik berkarakter kuat. Warna coklat, hitam, dan marun cocok untuk warna primer rumah.

Shutterstock – Santai dan sangat menikmati hidup adalah ciri khas tipe plegmatis. Kelebihan ini adalah pribadi yang stabil, namun cenderung kurang dinamis.

Pakailah furnitur berbahan besi atau kayu jati. Hindari penggunaan banyak detail aksesori ruang. Pakai upholstery dari bahan kulit asli.

Plegmatis yang santai

Santai dan sangat menikmati hidup adalah ciri khas tipe plegmatis. Kelebihan ini adalah pribadi yang stabil, tetapi cenderung kurang dinamis. Ia menyukai keadaan apa adanya tanpa berkeinginan mengubah. Ia menikmati semua di hadapannya.

Jika Anda termasuk tipe ini, pilihlah desain minimalis natural atau berkesan sejuk. Buat banyak bukaan untuk memasukkan unsur alam sebanyak mungkin sehingga tercipta suasana santai di dalam ruang.

Gunakan gradasi monokrom dari deret warna krem, coklat muda atau putih. Pilih furnitur berbahan kayu dengan desain natural. Gunakan upholstery bertekstur dan berwarna lembut. Warna dan motif solid dapat Anda jadikan aksentuasi yang menyegarkan.

Melankolis yang romantis

Keindahan, kebersihan, dan keteraturan merupakan hal penting bagi tipe ini. Sisi romantis si melankolis sangat tinggi, tak heran jika ia mempunyai jiwa seni cukup tinggi.

Suasana hatinya cepat berubah berdasarkan situasi di sekitarnya sehingga kenyamanan dalam rumah menjadi aspek penting untuknya. Melankolis menyukai detail, bahkan yang terkecil sekalipun.

Jika Anda termasuk tipe ini, pilih dan terapkan desain klasik victoria dengan detail vintage. Gunakan upholstery berbahan beludru, bulu, dan renda.

Selain itu, Anda harus kreatif memainkan warna-warna pembangkit semangat. Ciptakan sudut-sudut khusus untuk meletakkan aneka aksesori interior. Gunakan bunga segar untuk meningkatkan mood, serta pakai sutra India atau China sebagai aksen.

Shutterstock – Tipe plegmatis menyukai keadaan apa adanya tanpa berkeinginan mengubah. Ia menikmati semua di hadapannya.

Nah, seperti apakah tipe kepribadian Anda?

Sumber