Wow! Main Video Game Bisa Sembuhkan Katarak

WartaNews-Vancouver – Ilmuwan asal Kanada menemukan metode alternatif untuk menyembuhkan penyakit gangguan penglihatan atau katarak, dengan cara meminta penderitanya bermain video game.

Sebelumnya, metode operasi dan penggunaan lensa kontak, dianggap tidak selalu berhasil untuk menyembuhkan katarak dan kurang memberi kenyamanan pada penderitanya.

Para ilmuwan McMaster University, Kanada yang diketuai Daphne Maurer telah melakukan penelitian terhadap sejumlah penderita katarak dan meminta mereka untuk bermain video game, selama empat pekan.

Para pasien diminta bermain video game selama empat pekan dengan total 40 jam.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan memilih game bergenre action, lantaran dianggap dapat melatih konsentrasi dan membuat fokus kerja mata.

Maurer menjelaskan bahwa setelah bermain game action selama 40 jam dalam empat minggu itu, hasilnya para pasien dapat melihat gambar-gambar kecil, mengikuti gerakan titik dan mengidentifikasi wajah dengan lebih baik.

Terapi video game tersebut membuat koordinasi otak dan mata kembali aktif dan sel-sel penyebab katarak pun berkurang. Penglihatan mata yang kurang baik lebih disebabkan oleh adanya gangguan pada kinerja otak, disebut Amblyopia atau “mata pemalas”.

Ditambahkan Maurer, eksperimen itu membuktikan bahwa otak orang dewasa masih cukup elastis untuk dilatih dan mampu mengurangi ketidakseimbangan sensor.

Penderita katarak pada umumnya dialami para lansia, namun sering juga terjadi pada orang muda. (*/BM)

Sumber