Inilah Kebiasaan Perempuan Rusak Kesehatan

Ilustrasi

INILAH.COM,Jakarta – Setiap perempuan yang ada di dunia pasti ingin sekali terlihat cantik dan seksi. Tak heran banyak dari mereka yang menggunakan beragam atribut yang bisa membahayakan kesehatan.

Ingin terlihat cantik dan seksi, biasanya sebagian wanita langsung menempatkan kaos ketat dan high heels dalam urutan teratas. padahal, sering menggunakan fesyen item tersebut justru berdampak buruk terhadap kesehatan.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, selain sering menggunakan high heels dan kaos ketat, berikut beberapa kebiasaan perempuan yang bisa merusak kesehatan.

Sering keramas

Anda mungkin berpikir bahwa mencuci rambut setiap hari baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Sayangnya, tidak!

Terlalu sering mencuci rambut dengan sampo justru menghilangkan minyak rambut alami, yaitu sebum, sehingga kulit kepala akan mulai memproduksi sebum berlebihan untuk menebus kekurangan.

Akibatnya, terjadilah siklus kebutuhan berkeramas akibat rambut terlalu berminyak. Bila siklus dihentikan, kulit kepala akan kembali memproduksi minyak berlebihan. Butuh waktu transisi sekitar enam minggu untuk membiasakan kulit kepala memproduksi sebum yang lebih rendah.

Pakai lipstik

Baru-baru ini US Food and Drug menemukan beberapa merek lipstik diduga mengandung timbal. Bila Anda tidak yakin apakah lipstik Anda bebas timbal, silakan cek dengan menggoreskan lipstik ke cincin emas.

Bila warna lipstik berubah menjadi gelap, maka kemungkinan besar, lipstik tersebut mengandung timbal.

Tak hanya itu, terlalu sering memoles lipstik juga dapat menyebabkan bibir kering. Beberapa jenis lipstik yang tidak lengket (jenis matte), menyebabkan bibir kering karena mengeluarkan kelembaban dari bibir Anda.

Pilihlah lipstik yang mengandung pelembab dan gunakan lipstik hanya sesekali, bukan sepanjang hari dan setiap hari.

Pakai pakaian super ketat

Hindari memakai celana dan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat dapat meningkatkan tekanan intra-abdomen dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan (acid reflux).

Akibatnya, Anda merasakan perut, dada dan tenggorokan seperti terbakar (heartburn). Hal ini biasa terjadi setelah Anda makan makanan yang berat.

Memakai celana yang terlalu ketat juga menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur di vagina (vaginal yeast), sehingga timbul rasa gatal-gatal dan iritasi, terutama ketika cuaca di luar panas dan lembab.

Selain itu, celana yang terlalu ketat dapat menekan saraf di bagian belakang yang mengakibatkan kaki Anda mati rasa dan kesemutan. Hal ini sering dialami terutama bagi mereka memiliki kelebihan berat badan.

Pakai high heels

Banyak riset yang mengungkapkan bahwa sepatu berhak tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Para ahli tulang telah memperingatkan selama bertahun-tahun bahwa sepatu berhak tinggi dapat berkontribusi terhadap berbagai kondisi dari mulai kapalan di jari-jari kaki, osteoartritis, nyeri lutut kronis, pergelangan kaki terkilir sampai nyeri punggung. [mor]

Sumber