Ini Proyek Prestisius di Kawasan Casablanca

Proyek terdiri atas superblok yang mengintegrasikan mal, apartemen, kantor, dan hotel.

Salah satu proyek di sepanjang jalan Casablanca (www.skyscrapercity.com)

VIVAnews – Kawasan sepanjang Casablanca sepertinya tidak pernah berhenti dari pembangunan proyek-proyek properti dari para pengembang ternama.

Selain merupakan bagian dari pusat kawasan bisnis atau Segitiga Emas Jakarta (central business district/CBD), wilayah tersebut masuk dalam rencana pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk pembangunan shopping belt atau kawasan wisata belanja.

Apalagi, menurut Head of Research and AdvisoryPT Cushman & Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo, koridor sepanjang kawasan Casablanca, termasuk jalan Prof Dr Satrio dan KH Mas Mansyur saat ini terbilang masih banyak lahan yang kosong. “Tapi, tanah-tanah tersebut sudah dimiliki para pengembang ternama,” ujar dia saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Jumat 6 Mei 2011.

Selain itu, dia menambahkan, pembangunan jalan layang atau flyover di kawasan Casablanca, yang dibangun mulai dari Jalan KH Mas Mansyur hingga ke Pemakaman Menteng Pulo sepanjang tiga kilometer itu turut memicu semangat para pengembang dalam membangun proyek mereka. “Kita tahu kan, sepanjang kawasan Casablanca terkenal langganan macet,” tutur Arief.

Untuk itu, Arief mengatakan, meski saat ini sejumlah proyek properti berkelas sudah berdiri di sana, seperti ITC Kuningan dan Mal Ambasador, sejumlah pengembang tersebut terus berlomba-lomba mengembangkan proyeknya. Beberapa proyek di antaranya superblok yang mengintegrasikan pusat belanja, apartemen, perkantoran, hingga perhotelan.

Nah, proyek-proyek apa saja yang saat ini sedang dan akan segera dibangun di sepanjang kawasan Casablanca yang rencananya akan dibangun seperti Orchard Road di Singapura tersebut? Berikut perinciannya:

1. Kota Kasablanka

 

Kota Kasablanka adalah proyek bangunan terpadu yang terdiri atas dua blok menara perkantoran, empat twin block menara apartemen, dan pusat perbelanjaan seluas 110 ribu meter persegi.

Proyek superblok dari pengembang asal Surabaya, Grup Pakuwon, di atas lahan seluas 9,5 hektare (ha), dengan nilai investasi sekitar Rp2,1 triliun itu diprediksi rampung pada 2012 dan bisa beroperasi pada 2013.

2. Kuningan City

 

Kuningan City merupakan proyek properti yang terdiri atas dua apartemen, satu perkantoran, pusat ritel dan hiburan, sertaconvention hall. Proyek superblok yang dikembangkan Agung Podomoro Group tersebut dibangun di atas lahan seluas 2,9 ha dengan investasi sekitar Rp2,2 triliun.

3. Ciputra World

 

Ciputra World adalah pengembangan superblok yang lengkap, terdiri atas mal, apartemen, hotel, apartemen premium, perkantoran, dan museum yang dibangun di atas lahan seluas 5,5 ha. Proyek besar yang dibangun pengusaha properti legendaris, Ciputra, ini diperkirakan menelan dana sekitar Rp3 triliun.

4. Superblock The City Center (TCC) Batavia

 

TCC Batavia adalah sebuah proyek di atas lahan seluas 7,2 ha yang terdiri atas perkantoran, convention and exhibition hall, apartemen, hotel bintang lima, dan serviced apartment berada di dalam satu kawasan. Pembangunan tahap pertama dari proyek pengembang ternama, Harry Gunawan, ini adalah Office Tower ONE. (art)

Sumber