Pertumbuhan komputer paling pesat ada di Indonesia

Setiap pameran atau peluncuran produk komputer dan hal-hal lain terkait dilakukan, selalu ramai dihadiri pengunjung di Indonesia. (FOTO ANTARA/Noveradika)

Surabaya (ANTARA News) – Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan pasar penjualan produk komputer paling pesat di dunia. Itu sebabnya banyak produsen komputer dunia mengincar Indonesia.

Direktur Penjualan Intel Indonesia, Brata Rafly, kepada wartawan di Surabaya, Kamis, mengatakan, tingkat pertumbuhan komputer baik yang jinjing maupun desktop di Indonesia pernah mencapai angka tertinggi, 76 persen, pada kuartal pertama 2010.

“Dengan angka pertumbuhan yang begitu tinggi dan potensi pasar yang besar, tidak salah kalau banyak produsen komputer masuk ke Indonesia,” katanya di sela-sela kegiatan “Intel Channel Conference 2011”.

Menurut Brata, peningkatan pertumbuhan setinggi itu tidak lepas dari pertambahan pengguna internet di Indonesia, terutama dalam mengakses laman jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Saat ini diperkirakan terdapat lebih dari 45 juta jiwa penduduk Indonesia yang telah mengakses internet, tetapi baru 30 persen yang menggunakan komputer pribadi.

“Selebihnya mereka akses internet melalui warnet atau telepon seluler pintar. Ke depan, jumlah pemilik komputer jinjing maupun desktop akan terus meningkat, karena komputer sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup,” tambah Brata.

Mengantisipasi pertumbuhan tersebut, lanjut Brata, pihaknya terus melakukan evolusi dengan memasarkan produk-produk terbaru yang sesuai kebutuhan konsumen, salah satunya prosesor canggih Ultrabook yang telah diluncurkan kuartal ketiga tahun ini.

Ia menambahkan, beberapa produsen komputer internasional seperti Acer, Toshiba, Asus, dan Lenovo telah mengaplikasikan prosesor ini pada produknya.

“Awal 2012 mendatang, Intel mulai menggarap pasar prosesor untuk produk smartphone dan komputer tablet yang beberapa waktu terakhir sedang booming,” ujarnya.

Brata Rafly juga menambahkan bahwa hingga akhir 2012, ditargetkan sekitar 40 persen dari total komputer pribadi (PC) yang beredar di Indonesia sudah menggunakan prosesor Ultrabook. (ANT)

Sumber