Trik Kuat Iman Hadapi Great Sale

Fashion item mendapatkan diskon besar sebab tidak akan tren lagi di musim mendatang.

Kalap saat sedang sale besar-besaran. (REUTERS/Eric Thayer)

VIVAnews – Bagi pecinta belanja, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk berbelanja. Pasalnya, banyak pusat perbelanjaan menawarkan diskon besar-besaran, bahkan hingga 90 persen.

Namun, hal ini jangan membuat Anda lapar mata. Hindari berbelanja hanya untuk memenuhi isi lemari, tanpa tahu akan dipakai kemana barang-barang yang sudah dibeli.

Jadilah penggila belanja yang pintar dengan mengikuti beberapa tip berikut ini.

1. Belanja di awal atau tunggu hingga hari terakhir sale?

Untuk menarik pembeli di awal masa diskon akhir tahun, biasanya pusat perbelanjaan memberikan potongan harga 20 hingga 30 persen. Tapi, Anda akan mendapatkan penawaran yang lebih baik menjelang akhir masa diskon. Karena pusat perbelanjaan ingin menghabiskan stok lama mereka untuk menyambut stok baru di tahun depan.

Konsekuensinya jika menunggu penghabisan masa sale, Anda mungkin akan kehabisan barang-barang yang sudah Anda incar sebelumnya.

2. Keuntungan jadi anggota tempat belanja

Menjadi anggota dari sebuah toko memiliki beberapa keistimewaan seperti Anda akan mengetahui lebih awal jika akan ada diskon pada toko tersebut. Anda pun mendapatkan penawaran khusus sebelum dan saat sale berlangsung.

3. Pilih barang yang dibutuhkan dan cocok

Jangan pernah membeli barang hanya karena barang-barang tersebut mendapatkan potongan harga yang besar. Hati-hati rasa menyesal akibat penawaran barang murah. Tanya diri Anda, apakah Anda memerlukan barang tersebut atau tidak?

Jangan paksa diri Anda membeli skinny jeans yang tidak muat dengan benar hanya karena diskon besar-besaran yang ditawarkan.

4. Teliti sebelum membeli

Setiap kali dorongan berbelanja datang, ingatkan diri Anda bahwa ada alasan kuat kenapa barang-barang tersebut mendapatkan diskon besar. Seperti, karena tidak ada orang yang ingin membelinya dengan harga normal. Atau, barang tersebut adalah stok lama atau memiliki cacat di bagian tertentu.

5. Barang diskon = out of date items

Fashion item yang biasanya mendapatkan diskon besar tidak akan menjadi tren lagi di musim mendatang. Jadi, selalu pertimbangkan berapa lama Anda akan memakainya mengingat tren fashion berjalan dengan sangat cepat.

6. Buat daftar barang yang akan dibeli

Memiliki hubungan yang baik dengan pengelola toko akan membawa keuntungan untuk Anda. Anda bisa menanyakan kapan toko tersebut mengadakan sale sehingga Anda bisa merencanakan barang-barang apa saja yang akan Anda beli saat sale berlangsung.

7. Cari petunjuk barang diskon

Jika Anda tidak yakin apakah barang yang Anda inginkan akan mendapatkan diskon di akhir tahun, Anda bisa mencari petunjuk. Tandanya, di banyak toko, sebelum sale berlangsung, Anda mungkin melihat barang-barang yang sudah di kelompok-kelompokkan.

Atau, memiliki kode pensil di belakang price tag. Bisa jadi Anda bisa mendapatkan diskon sebelum sale berlangsung.

8. Pilih barang yang tidak pernah ketinggalan zaman

Diskon akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk membeli barang-barang yang tidak akan ketinggalan zaman seperti celana jeans, T-shirt, atau cardigan. Tapi ingat, jangan pernah kalap mata saat berbelanja.

Happy shopping!

Sumber