Rekreasi ke Singapura (2 dari 2)

Wahana Far Far Away – Koleksi Kel. Tri Agus Yogawasista

Wahana Transformers The Ride – Koleksi Kel. Tri Agus Yogawasista

Wahana New York – Koleksi Kel, Tri Agus Yogawasista

Sesudah itu, menuju ke Beach Station dengan menggunakan Sentosa Express, untuk melihat pertunjukan Song of The Sea.

Panggung pertunjukan Song of The Sea – Koleksi Kel. Tri Agus Yogawasista

Koleksi Kel. Tri Agus Yogawasista

Putri telah bangun dari tidurnya – Koleksi Kel. Tri Agus Yogawasista

Akhir pertunjukan Song of The Sea – Koleksi Kel. Tri Agus Yogawasista

Hari Ketiga (27 Desember 2011)

Berangkat agak siangan, dengan tujuan Singapore Science Centre  (http://www.science.edu.sg/Pages/SCBHome.aspx) di Jurong East (EW24), National University of Singapore (NUS) di Clementi (EW23) dan Ikea di Jalan Alexandra, Queenstown.

Jurong Stasiun SMRT dan Terminal Bus SMRT – Koleksi Kel. Tri Agus Yogawasista

Setelah sampai di Jurong East (EW24), menuju ke Singapore Science Centre, ke luar stasion dengan jalan kaki kearah terminal bus, menyeberangi jalan, melewati pasar/plaza Barang Bekas (Babe), jam tangan, handphone, pakaian dan lain sebagainya.

Science Centre – app.www.sg

Di Singapore Science Centre (SSC), banyak macamnya dari pengetahuan manusia (dari DNA sampai berbagai macam penyakit), optik, listrik, suara, robot, energi hidro dan lain sebagainya.

Peraga Proses Hidrogen di Singapore Science Centre – Koleksi Kel. Tri Agus Yogawasista

Dari Jurong East (EW24) menuju NUS turun di stasion Celementi (EW23), menunggu SBS Transit Bus No. 96, pembayarannya dengan kartu SMRT. Sudah menunggu beberapa menit, diputuskan menggunakan taxi untuk berkeliling di Kampus NUS.

National University of Singapore Campus

Dari Clamenti (EW23) menuju Queenstown (EW19) menuju Ikea di Jalan Alexandra, berhubung hujan lebat sekali, kami membatalkan niatnya ke Ikea, kembali ke Orchard.

Malam hari jalan-jalan ke mal Takashimaya dan mal disampingnya, untuk melihat-lihat ada nggak barang murah untuk dibeli, weleh.. harga selangit, lebih murah di Jakarta boo…

Hari Keempat (28 Desember 2011)

Hari terakhir terlalu penat hingga bangunnya sampai jam 8 pagi waktu setempat, mengemasi barang-barang bawaan, masih sempat untuk jalan-jalan disekitar Stasiun SMRT, ke Plaza Ion dan sebelahnya (maaf lupa namanya).

Memesan taxi yang besar, karena kami sekeluarga berlima tidak diperbolehkan menggunakan taxi sedan, hanya muat 4 (empat) penumpang saja, depan satu, belakang tiga, weleh….

Setelah sampai di Terminal 1, Bandara Changi, waktu masih cukup banyak waktu, kami sempatkan mencoba pergi ke Terminal 2 untuk menggunakan SkyTrain (gratis), lihat penunjuk yang ada menuju SkyTrain. Sampai di Terminal 2 dijumpai arah menggunakan SMRT.

Matahari Tenggelam dari Pesawat Terbang – Koleksi Kel. Tri Agus Yogawasista

Route Perjalanan dengan SMRT

Kesimpulan dan Saran

  1. Seandainya membawa orang tua, lebih bijaksana selalu memakai taksi.
  2. Bila anda mau berhemat biaya gunakan SMRT atau Bus SMRT dan siap tenaga, kalau perlu doping boleh kok.
  3. Biasakan berangkat ke tempat yang dituju sepagi mungkin, sewaktu liburan bersamaan Tahun Baru, antrian akan panjang.
  4. Kalau anda sekeluarga berjumlah 5 (lima) orang, jangan berharap menggunakan taksi kecil (sedan), sopir disini sangat disiplin, akan ditolak, gunakan taksi besar (kalau di Indonesia semacam Isuzu Panther atau Kendaraan Travel Jakarta – Bandung), hingga bisa tiduran di bangku/kursi.
  5. Singapura negara suka antri, hingga ekor antriannya sampai panjang banget. Herannya kok nggak dibuat beberapa sap atau baris ya?
  6. Bagi anda yang muslim berhati-hati kalau makan di restauran, takut ada 2B (Babi), cari restoran cap Halal.
  7. Masjid/musholla sedikit jumlahnya, kalau belum tahu arah kiblat lihat aja matahari terbenam, sesuaikan kondisi di Indonesia.

(TAY-Kios Buku Gema)