Hati-Hati, Diet Vegetarian pun Bisa Bikin Gemuk

Memotong konsumsi daging dan protein hewani tidak menjamin tubuh langsing. Salah menerapkan diet vegetarian justru bisa membuat pinggang melar.

Foto : Shutterstock

Siapa bilang dengan tidak mengonsumsi daging, lemak, dan telur kita bisa mengurangi berat badan secara signifikan? Justru diet vegetarian yang salah bisa membuat kita berakhir dengan pertambahan berat badan yang cukup drastis.

Walaupun tergolong makanan vegetarian tidak berarti makanan tersebut lebih sehat atau mengandung lebih sedikit kalori. Sebelum menjerumuskan diri ke dalam diet vegetarian, camkan terlebih dahulu 4 hal ini dibenak kita:

1. Mengonsumsi vegan junk

Kentang goreng, tortilla chips, dan keripik kentang merupakan makanan yang bebas dari bahan hewani. Tetapi, makanan ini tidak lantas terbebas pula dari kandungan kalori, lemak, dan gula yang tinggi. Mengonsumsi hal ini sama saja menjejali diri dengan junk food. Eating vegan junk doesn’t mean it’s healthier.

2. Bread and pasta lover

Akibat kebingungan mencari panganan ala vegetarian, kita lantas menyantap banyak roti dan sphagetti. Padahal, makanan ini sangat tinggi kalori. Seporsi pasta bisa memberikan kontribusi hingga 200 kalori. Wow, angka yang cukup fantastis. Tidak mengherankan apabila di akhir masa diet, kita merasa celana jeans kesayangan justru lebih sempit. 

3. Camilan itu terbuat dari bahan alami

Walaupun bebas dari unsur hewani, tetapi jika sering mengudap camilan seperti carrot cake yang dilapisi dengan cream cheese juga bisa menjadi sebuah kesalahan. Jika ingin makan camilan, konsumsilah sesekali. Karena, seperti vegan junk, camilan vegetarian ini juga tinggi kalori.

4. Konsumsi kacang berlebih

Tak dapat dipungkiri bahwa kacang merupakan sumber protein tertinggi untuk kaum vegetarian. Namun, tak dapat dipungkiri pula bahwa kacang tinggi kalori. Dua sendok makan selai kacang akan menambahkan 210 kalori untuk tubuh. Oleh karena itu, batasi konsumsi kacang segenggam dalam sehari.(Grace Natali)

Sumber

Advertisements