Tips Hilangkan Bau AC Ala Freed For Fun Community

JAKARTA – Aroma tak sedap pastinya seringkali menghinggapi ruang kabin. Dugaan pertama jamak ditujukan kepada kisi AC yang bertugas menyemburkan sejumlah angin segar ke segala penjuru kabin. “AC mobil kadang-kadang terasa bau saat baru pertama kali dinyalakan,” keluh Sasa Faya Yudhaka dari klub Freed For Fun Community (F3C). 

Pengalaman serupa juga dialami teman-teman di klub pemilik Honda Freed ini. “Kadang-kadang bisa juga penyebabnya justru dari pewangi mobil atau filter AC yang sudah kotor,” tegas Merry Gusliana, salah satu koordinator F3C. Nah, untuk mengatasi masalah yang kerap terjadi seperti ini, Iyus Sofyan dari gerai Ichi Auto Care (IAC) sumbang saran.

“Ya benar, terutama karena filter AC yang sudah terlalu kotor dan lama tidak diganti,” ujar Iyus yang juga sering menemukan kasus serupa pada mobil-mobil pelanggannya. Ada beberapa tips rekomendasi dari IAC yang sudah diterapkan oleh sebagian besar anggota F3C.

Langkah pertama, yakni mendisiplinkan diri untuk tetap menjaga kebersihan kabin. Caranya setiap ada sisa makanan maupun minuman langsung disisihkan keluar kabin. Kemudian penggunaan pewangi yang berlebihan di kabin, justru dapat memicu aroma tak sedap yang tidak diinginkan.

“Usahakan tidak terlalu banyak memakai pewangi di dalam kabin,” saran Iyus (Gbr.1). Kemudian langkah berikutnya, opsi mengganti filter AC lebih awal tetap disarankan (Gbr.2). Sebagai ilustrasi harga, produk orisinal untuk Honda Freed dihargai Rp 185 ribu, merujuk daftar harga spare parts di website honda-indonesia.

Langkah terakhir yang sering dijalankan oleh para anggota F3C adalah berpergian ke daerah alam terbuka. Paling tidak di daerah yang sejuk seperti pegunungan atau di alam terbuka. “Bisa sekalian jalan-jalan,” kekeh Sasa. Kemudian buka semua pintu dan kaca, lalu hidupkan AC mobil dengan tingkat penuh untuk menyerap udara segar ke kabin di lokasi tersebut (Gbr.3).

Setelahnya, biarkan proses berlangsung selama lima menit. Kemudian non aktifkan AC dengan tetap mengaktifkan fungsi fan-nya saja dengan kekuatan penuh. Biarkan proses ini selama tiga menit. Setelah ketiga proses ini dilalui, kabin dijamin akan terasa lebih segar dan wangi, tidak mudah bau sesaat setelah diaktifkan.

Lakukan proses ini sesering mungkin. “Asal rajin perhatikan kabin pasti kenyamanannya tetap terjaga kok,” wanti Merry. Selamat mencoba.

Sumber

Advertisements