Nikmati Pengalaman Virtual di cincinapi.com

Virtual reality photo 360 derajat yang tampak di layar monitor.

JAKARTA, KOMPAS.com – Anda kini bisa merasakan pengalaman baru yang berbeda di Kompas.com. Melalui microsite Ekspedisi Cincin Api Kompas di www.cincinapi.com, disajikan menu visual berupa foto 360 derajat yang mengajak Anda menjelajah secara virtual layaknya berada di lingkungan tersebut.

Meskipun tidak turut dalam Ekpedisi Cincin Api, tapi Anda bisa mengikuti jejaknya dan merasakan sensasi yang hampir sama dengan yang dirasakan sesungguhnya oleh tim ekspedisi di lapangan.

Teknologi fotografi ini dihadirkan dalam bentuk interaktif dan menyenangkan. Kita bisa merasakan atmosfer di dalam foto nyaris tanpa distorsi melalui layar komputer dengan menggunakan navigasi yang tersedia. Foto bisa dilihat dari sudut 360 derajat dan dapat diperbesar (zoom in) atau diperkecil (zoom out) atau full screen hanya dengan menggunakan mouse.

Untuk menikmati menu ini, pengguna cukup menggunakan browser yang biasa digunakan ketika menjelajah di dunia maya, yang sebelumnya sudah tertanam aplikasi flash player. Pengguna iPad dan iPhone juga bisa menikmati pengalaman ini jauh lebih menyenangkan di manapun berada dengan mengunduh Ekspedisi Cincin Api Kompas di App Store.

Teknologi visual ini di dunia dikenal dengan istilah virtual reality (VR) photography atau 360 degree photography. Seiring dengan kemajuan teknologi, kini VR Photo mulai dikenal di berbagai negara. Untuk portal berita di Indonesia, Kompas.com hadir yang pertama kali menyajikannya.

Sebelumnya pada awal Juli lalu, VR Photo telah ditayangkan dalam versi beta dalam liputan khusus Gowes Jurnalistik. Tidak hanya dalam liputan khusus atau di microsite, Kompas.com juga tengah menyiapkan VR Photo dalam menu khusus terutama di kanal Travel, Property, serta menempel di berita-berita terbaru. Jelajahi teknologi visual ini di www.cincinapi.com.

Sumber