Wow, Angry Birds Diunduh 1 Juta Kali Per Hari

KOMPAS.com — Perusahaan software dari Finlandia, Rovio, yang merupakan pengembanggame Angry Birds yang kini sedang naik daun, mendulang sukses. Game yang dikenal dengan tokoh segerombolan burung tersebut begitu populer, bahkan mencatat jumlah download sampai 1 juta kali per hari.

Hal tersebut dikatakan Peter Vesterbacka, Chief Executive Officer Rovio, yang jabatan aslinya diberi julukan “Mighty Eagle” dalam acara konferensi Mobile 2.0 Europe Open IDEAS, Kamis (16/6/2011) di Barcelona, Spanyol.

Kabar gembira tersebut menjadi berita baik mengingat Rovio tengah mempersiapkan diri untuk go public agar mendapat suntikan dana segar. Rovio dikabarkan sedang membidik tambahan dana 42 juta dollar AS untuk mengembangkan usahanya dari penawaran saham kepada publik.

Saat ini, Rovio menangguk keuntungan dari pengunduhan game Angry Birds. Game tersebut memang gratis saat diunduh pertama kali, tetapi hanya beberapa level yang bisa dimainkan. Untuk melanjutkan ke level yang lebih sulit, pengguna harus membelinya dari market place. Angry Birds sudah masuk ke hampir semua platform perangkat mobile, seperti iOS, Android, dan Symbian, bahkan sebentar lagi bisa dimainkan di Facebook.

Selain itu, Rovio juga menjalankan bisnis boneka dan aksesori. Boneka-boneka dengan karakter seperti di game tersebut dijual secara online.

Sumber