Truk Sampah pun Dilengkapi GPS

Rachmatunnisa – Okezone

AHMEDABAD – Salah satu wilayah di India bernama Ahmedabad melengkapi armada truk pengangkut sampah dengan teknologi GPS (Global Positioning System).

Namun Ahmedabad Municipal Corporation (AMC) sebagai penyelenggara ide ini baru bisa mengoperasikan 35 unit truk sampah berteknologi GPS yang mereka beli dari dana bantuan Jawaharlal Nehru National Urban Renewal Mission (JNNURM).

Truk pengangkut sampah yang telah terinstal teknologi GPS ini akan beroperasi di zona-zona yang menjadi bagian khusus dari proyek pembersihan lingkungan.

“Dengan adanya fasilitas GPS ini akan membantu kami menentukan dengan tepat lokasi dimana sampah-sampah banyak dibuang serta mengetahui jarak perjalanan yang ditempuh,” kata juru bicara AMC, seperti dikutip dari Times of India, Jumat (10/7/2009).

“Kami juga telah membuktikan bahwa GPS menyediakan data bermanfaat bagi model program pembersihan sampah kota yang efektif,” tambahnya.

Selanjutnya, AMC berencana untuk membeli 400 truk GPS sebagai bagian dari rencana yang telah disusun bersama dengan JNNURM untuk kemudian memperluas wilayah pengoperasian truk sampah ini. (srn)

Sumber