Ini Dia Cara Menghemat Bahan Bakar Ingin memotong pengeluaran untuk membeli bahan bakar kendaraan Anda, ikuti solusinya!

Nurlis E. Meuko, Mutia Nugraheni

VIVAnews – Anggaran membeli bahan bakar bagi pengguna mobil pribadi tentu relatif besar. Untuk mengurangi penggunaan mobil pun tidak mungkin, terutama bagi Anda yang sibuk dengan mobilitas cukup tinggi. Tapi tak perlu bingung, ada cara menyiasati agar penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat.

1. Ketahui tujuan
Saat Anda ingin pergi ke suatu tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya sebaiknya cek peta atau Anda bisa melihat melalui GPS (global positioning system). Dengan begitu, Anda tahu jalur mana yang sebaiknya ditempuh dan mengurangi risiko tersesat. Mencari alamat bisa menghabiskan banyak waktu dan bahan bakar jika Aada benar-benar tidak tahu daerah yang dituju.

2. Berkendara dengan pintar

Berkendara pintar artinya Anda tahu kapan bisa berkendara dengan cepat dan kapan harus memperlambar kendaraan. Jangan berkendara dengan agresif atau selalu ingin cepat dan kebut-kebutan. Berkendaraan dengan agresif artinya akselerasi dan rem yang cepat, efeknya cepat menghabiskan bahan bakar. Jika anda lebih banyak berkendara di jalan-jalan perkotaan, berkendara dengan cepat pun tidak terlalu berefek signifikan karena kondisi jalan yang sering macet.

3. Tidak menyalakan mesin saat menunggu
Anda sering menunggu teman di lobi kantor atau tempat parkir dengan keadaan mesin menyala? Perhitungkan jika hal itu terjadi hampir setiap hari, banyak sekali bahan bakar yang Anda habiskan hanya untuk menunggu. Hilangkan kebiasaan tersebut, dan lebih baik menunggu dengan tidak menyalakan mesin. Atau jemput mereka ketika sudah sampai ditempat yang sudah dijanjikan.

4. Buatlah rute yang searah
Dalam hal menentukan rute perjalanan Anda juga harus mempertimbangkan kepraktisan. Jika Anda ingin pergi berbelanja kebutuhan tumah tangga, siasatilah dengan memilih supermarket yang berdekatan dengan kantor. Tidak hanya menghemat bahan bakar, tetapi juga waktu Anda.

5. Berbelanja di pusat perbelanjaan yang lengkap
Saat berbelanja, pilihlah pusat perbelanjaan yang lengkap. Dengan begitu, Anda tidak perlu pergi ke pusat perbelanjan lain untuk membeli keperluan yang tidak tersedia. Mencatat barang yang dibutuhkan sebelum berbelanja juga cukup bisa menghemat bahan bakar, karena bisa meminimalisir kemungkinan Anda lupa membeli barang dan kembali lagi untuk membelinya.

6. Langsung parkir
Jangan mengitari lahan parkir hanya untuk mencari tempat parkir yang nyaman. Jika langsung menemui tempat parkir yang kosong, segeralah parkir. Mengitari lahan parkir hanya akan membuang bahan bakar dan waktu Anda. Lagipula mencari parkir dengan mengitari lahan parkir tidak menjamin Anda akan mendapatkan tempat parkir yang nyaman.

7. Mulailah menyetir dengan perlahan
Saat lampu sudah hijau banyak orang cenderung langsung menancap gas dan langsung melesat dengan cepat. Sebaiknya hindari hal tersebut, awali menyetir dengan perlahan dan sesuaikan kecepatan.

Sumber

Advertisements