Bagaimana Mengembangkan Kecerdasan Emosional – Oleh Eko Jalu Santosa

Dalam berbagai kesempatan seringkali disampaikan bahwa kecerdasan emosi sangat mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam karier maupun dalam Bisnis. Selain ditentukan oleh kecerdasan intelektual, untuk mencapai keberhasilan dalam karier dan Bisnis juga sangat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Bahkan menurut para ahli kecerdasan emosional memegang peranan yang lebih tinggi dalam pencapai keberhasilan seseorang. Menurut penelitian kecerdasan emosional dapat mempengaruhi hingga 80% bagi keberhasilan karier dan Bisnis seseorang.

Menyadari begitu besarnya peranan kecerdasan emosi seseorang dalam menopang keberhasilan, tentu kita bertanya bagaimana caranya mengembangkan kecerdasan emosi kita ? Bagaimana caranya membangun kecerdasan emosional kita sehingga dapat meningkat dan mempengaruhi keberhasilan kita ?. Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan agar kita dapat mengembangkan kecerdasan emosi ini. Beberapa diantaranya adalah:

1. Pengenalan Diri
Kembangkan kesadaran untuk mengenal diri sendiri lebih dalam. Ini yang seringkali disebut dengan mengenal diri sendiri atau self-awareness. Bahasa sederhanannya adalah bagaimana kita dapat mengenali segala kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri anda. Bagaimana Anda dapat mengenali karakter, bakat, potensi yang Anda miliki. Karena itu berusahalah selalu membangun komunikasi ke dalam diri Anda agar dapat mengenali kekuatan diri sendiri lebih baik lagi.

2. Sikap optimisme
Sikap optimism adalah salah satu elemen penting dalam membangun kecerdasan emosional seseorang. Orang yang optimis selalu memandang segala sesuatunya dnegan posisitf. Sikap optimis ini merupakan salah satu elemen penting yang dapat memudahkan Anda mencapai keberhaasilan dan kebahagiaan. Karenanya berusahalah selalu memiliki sikap optimis, senantiasa memandang sisi positif, kemudian selalu berusaha mengembangkan diri. Orang yang optimistis biasanya berumur lebih panjang, lebih sehat, lebih mampu menggali kemampuannya serta menikmati keberhasilan yang dicapainya.

3. Fleksibilitas pribadi
Kembangkan sikap fleksibilitas pribadi yang baik. Artinya kita harus mampu bersikap fleksible dalam menyikapi berbagai masalah dalam kehidupan. Seringkali kita dihadaplkan pada berbagai benturan, hambatan dan kegagalan dalam mencapai apa yang Anda inginkan. Maka berusahalah mengembangkan sikap fleksible, artinya berani melakukan sebuah perubahan-perubahan. Karena kenyatanannya tidak sedikit keberhasilan yang luar biasa dan memuaskan dicapai ketika kita berani memikirkan sesuatu yang baru, atau berani memikirkan sesuatu di luar apa yang pernah kita rencanakan.

4. Hubungan Antar pribadi
Tingkatkan terus kemampuan Anda dalam membangun hubungan antar pribadi. Kepandaian anda dalam membangun hubungan antar pribadi akan meningkatkan kecerdasan emosi. Manfaatkan kemampuan Anda dalam menjalin hubungan antarpribadi. Bukan dalam arti perlu banyak mengetahui berbagai hal tentang seseorang melainkan lebih untuk mengembangkan hubungan yang kuat sehingga bisa ikut mendorong Anda mencapai tujuan.

5. Continues Learning
Terus belajar mengembangkan diri dalam kecerdasan emosi melalui membaca buku, membaca artikel, mengikuti milis, mendengarkan seminar, talkshow ataupu nmengikuti training-training yang berhubungan dengan kecerdasan emosi. Pembelajaran berkelanjutan tidak hanya dilakukan dalam sekolah formal, melainkan melalui berbagai kesempatan dalam berorganisasi dan berinteraksi dengan orang lain akan dapat meningkatkan kecerdasan emosi Anda.

Sahabat yang baik, untuk mencapai keberhasilan dalam karier dan Bisnis diperlukan adanya daya lenting atau resilience. Karena jalan menuju keberhasilan dan kemuliaan tidak pernah mulus, selalu ada ujian dan tantangannya. Kembangkan sikap kerjasama yang baik dengan orang lain, membangun hubungan yang luas, senang berbagi informasi, ilmu maupun bantuan lainnya. Berusahalah selalu mengembangkan sikap positif dengan membantu rekan di sekitar Anda untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Fokuslah pada kekuatan dan bukan kelemahan Andam. Berempatilah pada kebutuhan mereka.Beri jalan mereka untuk mencapai tujuan dan ungkapkan penghargaan Anda pada keberhasilan mereka. Inilah bagian lain dari membangun daya lenting Anda mencapai keberhasilan dengan mengembangkan kecerdasan emosi Anda.

SEMOGA BERMANFAAT.

Sumber : Milis Motivasi Indonesia

Advertisements